Selasa, 15 November 2011

Buaya


Buaya adalah haiwan reptilia yang hidup di dalam air. Ibu buaya adalah lebih ganas daripada buaya yang lain. Induk buaya betina rata-rata menyimpan telur-telurnya dengan dibenamkan pada tanah atau di bawah seresahdaun. Dan, induk tersebut menunggu dari jarak sekitar 2 meter dari dalam air. Di musim bertelur buaya amat buas menjaga telurnya. Di Malaysia dan Indonesia ada 3 jenis buaya yang terkenal:


1. Buaya muara

2. Buaya air tawar Irian

3. Buaya sepit


Sedangkan di seluruh dunia terdapat 23 jenis buaya (termasuk seluruh famili Crocodilian, Alligator, Gharial, serta Caiman). Dari semua jenis tersebut, Buaya Muara Crocodilus Porosus adalah yang terbesar, dan penyebaran buaya muara adalah di perairan Indonesia dan Australia, serta negara negara lain sekitar Indonesia (Menurut pakar biologi Adam Britton, penyebaran Buaya Muara terdapat mulai dari perairan laut India dan Sri lanka di Lautan Hindia hingga Fiji di Lautan Pasifik).

Fakta unik mengenai buaya: Tidak seperti kebanyakan manusia yang sering menyamakan pria yang selalu berganti pasangan (playboy) dengan buaya. Pada kenyataannya, buaya adalah merupakan binatang yang setia dengan pasangannya sampai akhir hidup

Tiada ulasan:

Catat Ulasan